Review CBT Tantra 2 Online

Holaaa sobat GoBlog,...
Sudah tahu kan kalau Indonesia kedatangan game baru yang namanya Tantra2 Online? Jangan bilang belum kalau kamu mengaku player tantra kawakan hehehe..

Game ini sudah rame dibicarakan sejak Oktober 2013 lalu, dan sekarang sudah berhasil launching. Alpha test sudah dilakukan kalau tidak salah tanggal 24-30 Desember 2013. Buat yang belum tahu beritanya atau sekedar ingin klarifikasi silahkan langsung cek ke web resminya Tantra2 Online Indonesia. Nah, awalnya aku juga tidak terlalu memperhatikan ini game, bukan karena jelek tapi karena memang aku udah pernah nyoba main di server China sana. Sejak saat itu game ini banyak diberitakan di surat kabar online, dan yang aq tunggu adalah bagaimana respon teman-teman player tantra Indonesia. Hingga akhirnya setelah lama mengikuti beritanya aku memutuskan untuk ikut berpartisipasi pada CBT (Close Beta Test), meskipun itu juga sudah agak telat. Aku mengikuti CBT hanya sekitar 3 hari, hingga akhirnya aku menulis blog ini, karena sebenarnya masa CBT sudah hampir berakhir yaitu tanggal 17 Januari 2014. Dan informasi pentingnya adalah masa OBT akan dimulai tanggal 18 Januari 2014.


Sebelum aku secara panjang lebar bercerita tentang review, aku mau kasih tahu beberapa hal dasar dulu nih buat sobat-sobat GoBlog. Jadi Tantra2 Online ini temanya masih sama dengan Tantra yang dulu kita mainin, yaitu masih bercerita tentang legenda trimurti dan perang 8 raja. Sobat GoBlog bisa memilih 8 suku yang disediakan meskipun namanya agak sedikit bergeser :
  1. Warrior, ini kalau di Tantra dulu sama kaya Naga kalau cewe ya jadi kimnara hehehe..
  2. Fighter, kalau ini sama kaya Yaksa ama Gandarva
  3. Assasin, yang ini sama kaya Ashura ama Raksasa
  4. Wizard, Nah ini yang terakhir yang sama kaya Deva dan Garuda
Kalau dilihat dari sususan job diatas tidak ada yang aneh kan? Untuk ulasan lebih detailnya sobat-sobat bisa ke website resminya langsung. Biar tidak penasaran aku tampilin satu gambar karakter, hmm...aku pilihin karakter kesukaanku aja ya Assasin hehee...


Perbedaan mendasarnya adalah di Tantra2 tidak ada 2nd job atau job kedua. Jadi job-job yang ada ya hanya 4 yang sudah aku sebutkan sebelumnya. Kemudian ada satu job yang mungkin buat beberapa player sangat disayangkan, yaitu Archer. Karena di Tantra2 tidak ada Archer hehe...

Jadi menurutku Tantra2 ini beda dengan Tantra yang dulu kita mainin, meskipun temanya sama. Ibaratnya kita tidak bisa memilih mana yang lebih bagus antara baju dan celana. Jadi tidak bisa dinilai apakah Tantra2 ini lebih bagus atau lebih jelek karena memang berbeda konsep gamenya dengan Tantra. Kenapa berbeda? ada banyak hal yang membedakan diantaranya yang sudah saya tuliskan diatas. Tetapi untuk lebih mudah diingat dan di baca coba aku list saja ya :
  1. Tantra2 tidak mengenal 2nd Job, jadi sejak lahir char sobat-sobat sudah punya job.
  2. Tantra2 cakra otomatis, maksudnya sobat-sobat tidak akan mengalami ngisi cakra seperti pada tantra kita dulu. Cakra otomatis masuk ke char dan penamaan cakranya pake model STR, DEX, VIT, dkk.
  3. Di Tantra2 skill butuh dileveling-in. Sobat-sobat bisa saja level 70 tetapi tidak akan dewa jika skill-skill sobat masih level 1.
  4. Di Tantra2 skill-skill harus pake scroll (kitab), harus belajar dari kitab. Dan skill-skill diatas level 40 tidak dijual di NPC, artinya sobat-sobat harus mencari kitab skill-skill itu sendiri bisa dari momon atau bos.
  5. Pet di Tantra2 dewa banget, maksudnya pet di Tantra2 merupakan komponen penting sebuah char. Bisa dibilang pet adalah senjata utama, karena dari pengalamanku CBT pet bisa 4x lebih dewa dibanding char yang punya.
  6. Pet di Tantra2 bisa mempunyai tittle dan cakra layaknya karakter Tantra lama.
  7. Quest di Tantra2 ada banyak sekali, ada main quest, secondary quest, event quest, dan challenge quest.
  8. Ada auto-walk di Tantra2, jadi sobat-sobat tidak akan terlalu cape menjalani quest, apalagi yang pake acara muter-muter.
  9. Ini aku anggap yang terakhir yaitu tingkat kerumitan. Tantra2 jelas lebih rumit, seperti sistem crafting misalnya karena ada banyak jenis-jenis pembuatan item.
Ada 9 perbedaan yang masih aku ingat, dan tidak menutup kemungkinan ada hal yang terlewatkan belum tertulis. Nanti sobat-sobat bisa mencobanya sendiri, atau mungkin ingin menambahkan silahkan post saja di comment. Desain gambar karakter, nama-nama NPC, nama map semuanya mirip dengan tantra kita dulu. Sepertinya ga afdol kalau tidak saya posting SS hasil CBT saya, dan inilah char ganteng saya jreng....jreng....


Kesimpulan:
Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa Tantra2 beda dengan Tantra dulu. Char dewa di Tantra2 tidak hanya ditentukan oleh level tetapi skill, dan Pet. Jika sobat-sobat bisa memilih, mendidik, dan upgrade Pet dengan benar bisa dipastikan sobat-sobat adalah kandidat char dewa di Tantra2. Hal lainnya yg mendukung ke-dewaan sebuah char masih sama, misalnya ++an armor dan senjata juga level. Sudah rahasia umum. Untuk masalah Pet nanti kalau ada waktu akan aku buat tutorialnya so, dont worry be happy hehehe...

Alhasil, selamat buat sobat-sobat yang memang cocok dengan Tantra2 dan yang sabar buat sobat-sobat yang mungkin mengharapkan banyak kesamaan dengan Tantra dulu, karena ternyata memang berbeda.

Yang mau tetap lanjut, OBT tanggal 18 Januari 2014 ayo kita ramaikan bersama hehehe...
owh iya, mungkin aku mainnya agak telat, karena kebetulan tanggal 18 ada pekerjaan luar kota :)


Salam Garuda !!






Comments