7 fakta anak tunggal

Holaa sobat goblog, tau gak seh aku akhir-akhir ini lagi sibuk bangettttt....terus? ya aku pikir dunia harus tahu hahahaha...ga penting banget ya?
Udah yang barusan tuh emang ga penting banget, cuma untuk mencairkan suasana supaya ide menulisnya tetep cair gitu. Oke sobat goblog, kali ini aku bakal berbagi materi yang sebenarnya sumbernya tidak jauh-jauh dari diriku sendiri seh. Jadi aku pengin ngobrolin tentang kehidupan seorang anak tunggal. Nah buat sobat goblog yang bukan anak tunggal mungkin tidak akan mengalami hal-hal yang akan kita bahas ini. Dan buat sobat goblog yang kebetulan juga anak tunggal seperti aku sobat-sobat bisa membandingkan dan ikut koreksi apakah benar seh apa aja yang yang aku tulis ini.

Karena anak tunggal terbiasa hidup sendiri tanpa saingan di keluarganya, ternyata membawa perilaku-perilaku unik pada saat mereka dewasa. Mungkin tidak semua anak tunggal dapat perlakuan sama karena tentu saja latar belakang keluarga orang kan bervariasi juga. Tetapi hal-hal yang bersifat umum sepertinya akan banyak kesamaan diantara anak-anak tunggal yang ada dimuka bumi ini hehehe.... Dan berikut adalah beberapa fakta yang mungkin sekali akan dimiliki oleh anak tunggal.

1. Keras kepala


Karena terbiasa hidup tanpa saingan dan tidak terbiasa kalah di dalam keluarga sehingga wajar jika anak tunggal biasanya sedikit keras kepala. Jika anda terlibat perdebatan dengan mereka sebaiknya anda bersabar, karena biasanya mereka akan susah sekali untuk mengalah. Tetapi meskipun mereka keras kepala mereka adalah pribadi yang sangat bertanggung jawab, jika anda adalah salah satu teman dekat mereka maka anda akan mengerti. 


2. Kurang suka berbagi


Dari kecil anak tunggal terbiasa mendapatkan perhatian penuh dari keluarganya, dari contoh terkecil misalnya makanan dan pakaian. Mereka tidak terbiasa berbagi dari kecil, jadi hampir semua yang ada dirumah yang disediakan orangtua adalahnya miliknya sendiri. Perilaku ini terbawa hingga mereka dewasa sehingga biasanya anak tunggal tidak akan suka meminta, meminjam, atau bahkan berhutang pada orang lain. Dan kebalikannya anak tunggal biasanya tidak akan terlalu suka kalau ada barang-barangnya yang dipinjam orang lain hehehe....tapi bukan berarti mereka pelit ya, mereka akan sangat dermawan jika mereka ingin melakukannya. Mereka suka menolong dan memberi tetapi jika hanya mereka ingin melakukannya.

3. Tidak suka minta tolong orang lain


Dari kecil mereka terbiasa melakukan berbagai hal sendiri. Mereka tidak akan bisa meminta bantuan pada saudara layaknya anak-anak yang punya saudara. Dan saat dewasa kebiasaan ini akan terbawa. Anak tunggal biasanya tidak suka memerintah orang lain, bahkan mereka tetap melakukan sesuatu sendiri meskipun sebenarnya mereka punya orang yang bisa disuruh. Bahkan untuk meminta tolong hal-hal sepele saja mereka memilih untuk tidak melakukannya dan melakukannya sendiri.

4. Lebih sayang pada orangtua


Percaya atau tidak anak tunggal ternyata memang lebih sayang pada orangtua mereka dibanding mereka yang punya saudara. Mereka tidak punya siapapun dari kecil dan orang yang paling dekat dengan mereka hanyalah orangtua mereka. Setelah mereka dewasa mereka akan sangat takut kehilangan orangtuanya, dan itu membuat mereka begitu sayang pada orangtuanya melebihi mereka yang dua bersaudara atau tiga bersaudara. Dan jangan heran jika mereka akan melakukan apapun hanya cuma biar orangtuanya bisa tersenyum. Mereka bahkan ada yang rela mengorbankan cita-cita dan impian untuk bekerja diluar pulau atau di negara lain demi tetap dekat dengan orangtua mereka.

5. Punya daya juang tinggi



Sudah rahasia umum bahwa anak tunggal punya tanggungjawab lebih besar. Mereka juga pasti sering mendengar kekurangan-kekurangan mereka dibanding orang yang punya saudara. Keadaan seperti itu menuntut anak tunggal untuk menjadi lebih baik dan berjuang lebih keras. Mereka tahu jika mereka gagal maka tidak ada satu orangpun yang akan membantunya, Sehingga anak tunggal biasanya akan melakukan tindakan dengan sangat teliti terutama yang menyangkut masa depan dan kelangsungan hidupnya.

6. Punya kepercayaan diri tinggi



Dari kecil anak tunggal tidak pernah punya pembanding dalam persaingan keluarga. Misalnya dia tidak akan terbiasa dengan kata-kata yang biasa ada pada orang yang punya saudara,

" Kamu harus lebih pinter dari kakak"
" Kakak aja tidak pernah tinggal kelas, jadi seharusnya kamu juga"
" Tuh liat, adekmu aja bisa "

dan contoh-contoh lain dalam percakapan keluarga. Anak tunggal tidak akan mengalami itu sehingga dia akan merasa menjadi satu-satunya di dalam keluarga tidak ada yang lebih pinter, lebih rajin, atau lebih baik dari dia sehingga anak tunggal biasanya punya kepercayaan diri yang tinggi.

Dengan kebiasaan tanpa pembanding yang menumbuhkan rasa percaya diri tersebut anak tunggal sangat mungkin mengambil keputusan-keputusan berani dalam hidupnya. Mereka adalah decision maker yang handal.

7. Blak-blakan ( to the point)



Jika sobat-sobat punya saudara, kemudian sobat-sobat ingin minta dibeliin sesuatu pada orangtua tentu saja sobat-sobat harus melihat ke saudara-saudara sobat. Harus pinter-pinter meminta sesuatu pada orangtua supaya saudara kita tidak ngiri, tidak kepengin gitu. Sehingga kemudian sering tindakan-tindakan ini dilakukan dengan kode-kode, misalnya pura-pura sakit dan sebagainya. Nah pada kasus anak tunggal tidak akan terjadi kasus semacam ini. Mereka tidak terbiasa menggunakan kode, karena kalau mereka butuh mereka tinggal minta tanpa harus memperhatikan perasaan saudaranya yang lain. Pola kehidupan seperti ini membuat anak tunggal tidak peka terhadap kode hingga mereka dewasa. Sehingga mereka akan terlihat to the point dan blak-blakan. Jadi jika pacar anda adalah anak tunggal sebaiknya anda mulai memikirkan kembali untuk menggunakan kode-kode, selain mereka tidak peka mereka tidak akan terlalu memperdulikan kode-kode semacam itu. Jangan buat diri anda sakit hati, sebaiknya katakan langsung apa yang anda mau itu akan jauh lebih baik. Tenang aja anak tunggal adalah pribadi yang terbuka, jika apa yang anda inginkan masuk akal menurutnya maka mereka tidak akan menolak.



Nah itu tadi adalah 7 fakta anak tunggal versi Coretan GoBlog. Asal materi adalah dari analisa penulis pribadi, karena penulis kebetulan adalah anak tunggal hehehe.... :)


Semoga informasi tersebut bisa berguna buat sobat-sobat semua, dan jika anda punya teman, pacar, ataupun orang-orang terdekat dengan anda yang anak tunggal maka setidaknya tulisan ini bisa menjadi gambaran besarnya.

Salam Garuda!
xonote

Comments

  1. Hahaha gue banget minπŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
  2. Haha bener banget, nih artikel gue banget min.. !

    ReplyDelete
  3. wah bagus nih, Fakta Anak Kedua juga bisa dijadikan bahan acuan :) nice share ya gan :)

    ReplyDelete

Post a Comment