5 Simulasi kehidupan yang bisa dilakukan dengan bermain game

Tulisan ini tidak menganjurkan anda untuk lebih giat bermain game, tetapi juga tidak melarang anda bermain game. Jika anda termasuk orang yang menyukai game aku yakin hidup anda pasti lebih berwarna terutama sobat-sobat GoBlog yang statusnya masih pelajar ataupun mahasiswa. Ada banyak tulisan yang sudah membahas keuntungan dan kerugian bermain game, tapi kali ini aku akan berbagi materi yang sedikit berbeda dengan topik yang masih tidak jauh dari game. Lebih spesifik game yang dimaksud pada tulisan ini cenderung mengarah ke MMORPG (Massivele Multiplayer Online Role-Playing Games).



Game menurutku ibarat narkotika, jika sobat-sobat menggunakan dengan dosis yang sesuai bisa menjadi obat yang sangat mujarab tapi jika sobat-sobat salah dosis maka bisa menyebabkan kecanduan fatal atau hal buruk lainnya. Game-game dengan genre MMORPG ini biasanya mempunyai kompleksitas yang cukup tinggi, artinya kehidupan di dalam gamenya rumit. Meskipun tidak serumit hidup kita di dunia nyata tetapi beberapa elemen penting dalam kehidupan kita di adopsi ke dalam game-game MMORPG. 

Sebagai contoh elemen yang cukup krusial yang ada di dalam game adalah uang, reputasi, dan power (baca: kekuasaan). Uang bisa diartikan dalam banyak hal seperti kekayaan atau hanya sekedar sebagai kemampuan bertahan hidup secara finansial (kencing aja sekarang butuh uang bro). Reputasi lebih berhubungan dengan prestasi, di dalam game sobat-sobat bisa meningkatkan reputasi dengan leveling dan war bahkan karena kaya kita juga bisa dapat reputasi. Yang terakhir adalah power, sobat-sobat akan berusaha untuk mempunyai power atau kekuasaan salah satunya dengan menjadi yang terkuat. 

Beberapa elemen yang diadopsi game dari dunia nyata tersebut adalah elemen-elemen pokok yang hampir semua orang ingin mencapainya. Nah disinilah ada hal yang bisa kita manfaatkan dari game MMORPG untuk menggunakannya sebagai suatu bentuk pelatihan hidup dunia sosial. Kita bisa membuat simulasi tentang elemen-elemen pokok kehidupan dengan mencobanya di dalam game MMORPG. Berikut adalah 5 simulasi yang bisa kita lakukan dengan bermain game:

1) Memilih pekerjaan



Ada banyak sekali pilihan pekerjaan di dunia ini tetapi di dalam game secara umum dikelompokkan menjadi beberapa bagian saja. Pengelompokan biasanya dilakukan berdasarkan kemampuan dasar karakter, yang paling umum adalah Strenght, Agility, dan Intelligence. Dari bentuk tiga kemampuan dasar ini turun menjadi banyak job seperti Archery, Asassin, Warrior, Magician, dan beberapa bentuk lainnya. Nah pada saat sobat-sobat menentukan mau menjadi apa sebenarnya adalah bentuk kecil dari sebuah simulasi. Banyak pertimbangan yang harus sobat-sobat pikirkan untuk memilih salah satu job. Mungkin ada sobat-sobat yang berusaha memainkan semua job, tapi yakinlah bahwa anda tidak akan pernah jadi hebat dengan berganti-ganti job. Pilihlah apa yang menurutmu mudah dilakukan dan kamu melakukannya lebih baik dari orang lain, maka itulah pekerjaan yang seharusnya kita ambil.

2) Mengatur keuangan



Sejak pertama kali sobat-sobat muncul di dunia game, sobat-sobat hanya dibekali dengan modal terbatas. Hal itu mengharuskan sobat-sobat memutar otak untuk menyelesaikan masalah keuangan untuk mencukupi kebutuhan di dalam game. Membeli potion, repair senjata, atau bahkan untuk membeli dan upgrade armor semua itu membutuhkan uang. Kalau sobat-sobat tidak pandai mengatur keuangan sobat-sobat bisa kehabisan uang dan bangkrut, itu artinya sobat-sobat game over! Kalau sudah begitu kondisinya maka karakter yang sobat-sobat mainkan akan menjadi gelandangan. Bisa saja agan akan menjadi pengemis yang mengemis-ngemis uang ke player lain dan itu sangat memalukan menurutku. Dan itulah yang akan terjadi di dunia nyata jika kita melakukan hal yang sama.

3) Berorganisasi



Sudah rahasia umum bahwa kemampuan berorganisasi penting dan sangat kita butuhkan. Kita tidak akan bisa hidup dengan terus menerus menjadi pekerja individu, ada saatnya kita perlu melakukan sesuatu dengan tim. Didunia nyata tim yang paling pertama kita jumpai adalah keluarga kita, kita sudah diajari bekerjasama dan kompak di keluarga kita sejak kecil. Di dalam game kita mengenal istilah clan atau guild. Clan dan guild ini adalah sebuah bentuk organisasi atau perkumpulan atau bisa juga keluarga besar di dalam game. Dengan menjadi anggota sebuah clan atau guild kita sebenarnya sudah melakukan simulasi berorganisasi. Kita melakukan simulasi bagaimana bekerja dalam sebuah tim, menyelesaikan masalah bersama, ataupun melakukan sesuatu bersama untuk suatu tujuan yang lebih besar. Di dalam clan atau guild ini juga kita bisa menjumpai banyak contoh konflik kepentingan, dimana kita dihadapkan pada pilihan sulit harus mendahulukan kepentingan pribadi atau kepentingan clan/guild kita.

4) Berbisnis (Entrepreneurship)



Manusia tidak akan bisa hidup sendiri dan akan saling membutuhkan yang akhirnya menimbulkan terjadinya tukar-menukar kebutuhan antar manusia. Tukar-menukar dalam segala bentuk ini biasa kita sebut transaksi atau bahasa lainnya adalah perdagangan. Di dunia game kita juga akan menjumpai ini, sehingga kita juga akan dihadapkan pada dunia perdagangan. Akan muncul pasar disana, dan kita bisa masuk kedalamnya, mempelajari dan mencari peluang untuk mendapatkan keuntungan. Kita bisa melakukan simulasi bagaimana membaca peluang, mencoba menjadi pebisnis, dan mencobanya di dalam game. Sedikit banyak kita akan mendapatkan pengalaman berbisnis dengan melakukan ini.

5) Membangun relasi



Dengan bermain game online kita akan bertemu banyak orang, tidak hanya orang sekota tetapi mungkin luar kota, luar pulau, atau bahkan luar negara. Menjalin pertemanan di dalam dunia game bisa menjadi bentuk simulasi dunia nyata. Bahkan pertemanan di dunia game bukan lagi sebuah simulasi, kenyataannya banyak dari kita yang awalnya berteman dari dunia game kemudian menjadi pertemanan beneran didunia nyata. Kasus yang lebih keren ada banyak yang mendapatkan istri/suami dari dunia game. Player-player di dunia game berasal dari latar belakang yang beragam, kondisi ini memungkinkan terbentuknya relasi hingga di luar game atau dunia nyata. Hanya dari kenal didunia game kita bisa menjadi rekan bisnis di dunia nyata misalnya. Sehingga kita bisa menguji kemampuan berkomunikasi kita di dunia game.



Nah itu tadi 5 simulasi kehidupan yang bisa kita lakukan dengan bermain game online. Jika sobat-sobat ada yang mendapatkan manfaat lain boleh deh ditambahkan dengan posting di halaman comment.

Tidak ada hal yang baik jika dilakukan terlalu berlebihan, maka saranku bermainlah game secukupnya jaga kesehatan dan tetap rajin menabung yah,....hehehe...

Salam Garuda!

Xonote








Comments