7 ciri dosen yang paling disukai

Tidak ada pekerjaan yang "enak" kecuali pekerjaan yang bisa membuat kita gembira dalam melakukannya. Pekerjaan yang benar-benar membuat kita gembira apakah ada? Seperti kata orang-orang bahwa didunia ini tidak ada yang sempurna, jadi seenak dan senikmat apapun pekerjaan kita pasti ada pahit getirnya. Nah kali ini aku akan sedikit menulis hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaanku sekarang yaitu sebagai dosen disebuah sekolah tinggi di Yogyakarta. Pekerjaan yang menarik!

Sebenarnya menjadi seorang guru adalah salah satu pekerjaan yang paling aku inginkan. Selain baik sebagai pekerjaan formal menurutku guru juga adalah pekerjaan akhirat, iya nggak seh? hehehe.... Ya pastinya ada tapinya juga, jadi guru itu mulia tapi hmmmm...duitnya dikit! Tapi ada banyak lebihnya juga kok. Guru juga bisa tetap kaya loh kalau mau sambil berwirausaha.

(sumber: google)


Bulan februari 2015 adalah awal aku mulai bekerja lagi sebagai dosen setelah selesai tugas belajar selama 840 hari. Sebagai seorang dosen tentu saja aku sangat ingin disukai, dicintai, dan kalau perlu diidolakan oleh mahasiswa. Kalau sebagai dosen kita disukai mahasiswa maka kita akan lebih mudah dalam menyampaikan materi-materi kuliah. Perhatian mahasiswa yang lebih kepada dosen sangat membantu dalam perkuliahan. Diawal perkuliahan aku sengaja membuat sebuah kuesioner untuk melihat kira-kira seperti apa seh dosen yang paling diinginkan oleh para mahasiswa. Kuesioner itu aku bagikan ke mahasiswa dan aku meminta mereka untuk mengisi dengan jujur. Dan berikut adalah 7 kriteria yang aku masukkan dalam kuesioner yang aku buat yang dipilih oleh para mahasiswa.

1) Dosen yang lucu dan seru dalam mengajar paling disukai
Dari tiga pilihan yang aku berikan, tipe dosen yang lucu dipilih sebanyak 86% dari total responden. Dua pilihan lain adalah tipe kalem dan halus tidak ada yang memilih dan tipe serius dipilih 14% responden.

2) Dosen yang banyak memberi tugas kelompok lebih dipilih dibanding dosen yang banyak memberi PR dan banyak memberi ujian
Dalam memberikan tugas ada tiga pilihan tipe dosen dalam pilihan yaitu banyak PR, banyak Ujian, dan banyak tugas kelompok. 7% responden menyukai dosen yang memberikan banyak PR, 13% menyukai dosen yang banyak memberikan ujian. Pilihan terbanyak adalah dosen yang banyak memberikan tugas kelompok yaitu sebanyak 80%.

3) Tipe dosen yang suka bercerita lebih disukai dibanding dosen yang mengajar dengan presentasi dan menggunakan papan tulis
Dalam hubungannya dengan cara penyampaian kuliah ada tiga pilihan dosen yang memberikan kuliah yaitu dengan bercerita, dengan presentasi, dan menggunakan papan tulis. Hasil kuesioner menunjukkan 40% responden menyukai dosen yang menyampaikan kuliah dengan bercerita, 27 % menyukai dengan presentasi, 27 % menyukai yang menggunakan papan tulis, dan 6% tidak memberikan jawaban.

4) Tipe dosen yang disiplin lebih disukai dibanding dosen yang pelit nilai dan dosen galak
Dari tiga pilihan tipe dosen yaitu disiplin, pelit nilai, dan galak ternyata dosen yang disiplin terhadap muridnya lebih disukai daripada yang lain yaitu dengan perolehan 90%. Pilihan dosen lain masing-masing 5%.

5) Dosen yang tidak pelit dalam memberikan nilai lebih dipilih meskipun galak
Tipe dosen galak tetapi nilai gampang mendapatkan 73% suara responden, dosen yang asyik tapi pelit nilai mendapatkan 7%. Dosen dengan tipe asyik, tidak galak, tetapi nilainya nggak jelas tidak mendapatkan pilihan sama sekali. Sisanya 20% dari responden tidak memberikan jawaban.

6) Dosen yang banyak memberikan pratikum lebih disukai dibanding dosen yang terlalu banyak teori

Dosen yang banyak memberikan teori hanya mendapatkan 7% suara responden, dosen yang banyak pratikum mendapatkan 46% suara responden, dan dosen yang campur-campur yaitu yaang banyak pratikum dan dislipi teori  mendapatkan suara 45%. Sisanya responden tidak memberikan jawaban yaitu sebanak 2%.

7) Dosen dengan penampilan sederhana lebih dipilih dibanding dosen yang berpenampilan gaul dan dosen yang berpenampilan sangat formal/resmi
Dosen dengan penampilan sederhana mendapatkan 50% suara responden, dosen dengan penampilan gaul mendapatkan 27%, dan dosen dengan penampilan formal/resmi mendapat 20%. Sisanya sebanyak 3% tidak memberikan jawaban.


Jadi itulah kira-kira 7 tipe dan ciri dosen yang paling disukai, cintai, dan diidamkan oleh para mahasiswanya versi Coretan GoBlog. Kuesioner yang aku ambil respondennya berjumlah sama antara responden cewek dan responden cowok. Semoga tulisan ini membantu ya sobat-sobat GoBlog, terutama yang profesinya adalah guru seperti aku hehehe....

Salam garuda!!




Comments