Membuat alamat website (domain) gratis

A. INTRODUCTION
Hallo sobat goblog, sudah lama tidak menulis karena padatnya kegiatan. Selain sibuk dengan pekerjaan kebetulan juga tidak ada topik yang terlintas untuk menulis. Kebetulan kemarin terlintas di kepala untuk mengganti domain dari blog ini, dan akhirnya sekarang kita sudah mempunyai domain baru yaitu www.xonote.ga. Lebih singkat, lebih keren, dan mudah-mudahan lebih memudahkan sobat goblog dalam mengaksesnya.

Sebenarnya sudah banyak bloger yang menulis tentang ini, tapi sepertinya tidak ada salahnya untuk menuliskan ulang. Lagian hal yang saya tulis disini adalah yang saya alami dan lakukan, artinya meskipun barangnya sama tapi kan memasaknya berbeda hehehe...

Courtesy of Google

Domain adalah alamat website. Domain dipergunakan untuk mempermudah pengunjung mengingat alamat website kita.Sehingga nama domain yang unik dan mudah diingat akan sangat membantu pengunjung. Domain terdiri dari dua bagian yaitu nama domain dan ekstensi (extention).
Contoh domain:
xonote.net                          xonote= nama domain, net= ekstensi.
google.com                       google=nama domain, com=ekstensi.

Penamaan domain hanya diijinkan menggunakan huruf, angka, dan garis penghubung. Penggunaan huruf kapital dan huruf kecil diabaikan, artinya sama saja[1].
Misalnya:
XOnotE.NeT atau xonote.net atau Xonote.net atau XONOTE.NET akan sama-sama menuju halaman yang sama yaitu xonote.net.

Sebuah domain hanya bisa dimiliki oleh satu orang, sehingga jika kita ingin mempunyai domain yang sudah menjadi domain orang lain maka kita harus menunggu sampai domain tersebut expired dan tidak diperpanjang lagi oleh pemiliknya.

Untuk ekstensi ada banyak sekali, tetapi yang sering digunakan oleh pebisnis online adalah .com .org .net  dan .info.


B. PENDAFTARAN NAMA DOMAIN
Ada banyak sekali penyedia layanan domain gratis, sobat goblog bisa mencarinya lebih detail dengan mbah Google. Saya akan menuliskan pengalaman saya sendiri, dalam kasus saya, saya menggunakan my.freenom.com. Sobat goblog bisa lansung kunjungi my.freenom.com kemudian daftarkan diri sobat dan login.
Form login di my.freenom.com

Setelah login, sobat goblog bisa mendaftarkan domain yang sobat inginkan disana. Coba lakukan seperti pada gambar berikut. Pilih Register a new domain.

Mendaftarkan domain baru

Nah setelah masuk tab tersebut sobat goblog bisa cek availability dari domain sobat, apakah domain tersebut masih bisa digunakan atau ngga. Sebagai contoh saya mendaftarkan domain baru bernama EKAR. dan ternyata hasilnya bisa digunakan. Yang terpenting didaftar tersebut nama domain EKAR tersedia ekstensi gratisnya. 

Hasil check availibity

Nah dari hasil cek availibity itu kita bisa mendapatkan data seperti pada gambar diatas. Hal terpentingnya adalah kita bisa menggunakan ekstensi gratis yaitu .tk .ml .ga .cf dan .gq. Sementara untuk ekstensi .com .net .org .biz .info semuanya berbayar. Kemudian kita bisa memilih salah satu ekstensi gratis lalu click Get it now!. Maka kemudian akan muncul tampilan seperti berikut.

Kita memilih salah satu ekstensi gratis

Kemudian pilih Checkout.
Setelah itu lakukan pemilihan berapa lama kita akan menggunakan domain tersebut. maka pilih semaksimal yang bisa gratis. Dalam kasus saya, saya memilih 12 bulan hehehe...

Pilih maksimal yang bisa gratis

Kemudian klik Continue.
Setelah itu akan muncul form untuk mengisi data diri. Isi data diri anda dan centang persetujuan dibawah, lalu klik Complete order. Setelah berhasil maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Komfirmasi setelah berhasil

Untuk melihat apakah domain yang kita daftarkan sudah aktif, kita bisa masuk ke tab My Domains.


List domain yang sudah aktif


Nah pada contoh terlihat ada dua buah domain aktif punya saya, yaitu xonote.ga dan ekar.ml. Artinya domain tersebut siap digunakan. Pendaftaran nama domain selesai.


C. SETTING DOMAIN DENGAN BLOGSPOT
Setelah kita punya nama domain, sekarang kita bisa menggunakannya untuk pengganti alamat website kita, dalam kasus ini adalah untuk mengganti alamat blog kita. Langkah pertama adalah buka blog sobat sekalian kemudian masuk menu setting/setelan.

Couresy of aminuds.blogspot.co.id


Isikan domain yang sudah anda daftarkan dari freenom seperti contoh

Setelah klik simpan maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini. Jangan tutup jendela tampilan tersebut karena informasinya akan kita gunakan untuk setting di my.freenom.com.

Courtesy of aminuds.blogspot.co.id

Oke sekarang kita kembali ke my.freenom.com. Kemudian pada domain yang akan kita gunakan klik pada manage domain dibagian kanan. Setelah di klik manage domain akan muncul tampilan seperti berikut. Selanjutnya pilih Management tools - Nameservers.

Pilih Management tools - Nameservers

Kemudian pilih Use Default lalu save Nameservers.

Setting nameservers


Lalu setelah selesai setting nameservers, kita masuk ke Management freenom DNS.

Management DNS

Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Lalu isikan sesuai gambar!

Settingan DNS [2]

Untuk baris yang terakhir CNAME KE-2 dan KODE ALAMAT CNAME KE-2 sobat goblog bisa cek diblogspot yang tadi muncul error. Biar mudah aku post lagi gambarnya dibawah.

Perhatikan gambar ini untuk mengisi CNAME KE-2 dan KODE CNAME KE-2

Lalu sobat-sobat bisa kembali ke tab bloger (seperti pada gambar diatas), lalu klik simpan. Kalau ada error silahkan refresh dan diulangi sampai berhasil. Setelah berhasil sobat-sobat masih butuh satu langkah lagi agar domain sobat-sobat bisa digunakan.

Masuk ke menu setting/setelan - penerbitan - edit. Lalu centang alihkan domain. Lihat gambar dibawah ini.

Courtesy of joxerz.blogspot.co.id


Jadi deh!!!
Sekarang sobat goblog bisa mencoba akses blog sobat melalui domain baru yang sobat buat.
alamat lama blog ini adalah: xonote.blogspot.com  nah karena sekarang sudah dibuatin domain baru maka menjadi xonote.net




Referensi tambahan:
[1] www.cafebisnis.com
[2] www.blogspot.com

Comments