Apakah Ijazah hanyalah selembar kertas???

Suatu waktu di tempat kerja terbuka diskusi dengan teman-teman kerja tentang pentingnya pendidikan (lebih tepatnya ijazah). kemudian aku mengajukan sebuah pernyataan yang lumayan kontroversial, aku bilang:

"graduation certificate is just a piece of paper"

Mereka memberikan respon yang berbeda-beda. 'Ijazah hanyalah selembar kertas' adalah pernyataan yang terdengar melecehkan pendidikan tinggi yang seakan-akan tidak berarti. Sengaja aku lontarkan pernyataan tersebut untuk memicu reaksi secara emosional dari teman-teman kerjaku. Kebanyakan masih menganggap bahwa pendidikan formal atau ijazah adalah sesuatu yang sangat penting, sehingga beberapa orang mungkin tidak akan setuju dengan apa yang aku katakan dan cenderung akan tersinggung.
Sumber: google.com

Aku setuju bahwa pendidikan sangat penting, dan belajar ilmu pengetahuan adalah hal yang bagus. Kita hanya perlu melihatnya dari sudut yang berbeda, seharusnya kuliah adalah untuk belajar sesuatu bukan sekedar untuk mendapatkan ijazah. Menurutku seharusnya belajar juga tidak harus melulu melalui sekolahan/kampus. Secara pribadi aku selalu berusaha menghindari untuk menilai seseorang dari ijazahnya atau jurusan sekolahnya, aku lebih setuju untuk menilai seseorang dari apa yang dilakukannya.

Sebagai contoh sederhana, anggap saja kita lulusan sarjana. Kemudian dengan pencapaian kita dalam bentuk selembar ijazah itu orang menyebut kita engineer , insinyur, arsitek, desainer, atau sebutan gelar lainnya. Cuma begitu saja kan? Pertanyaan sederhana sebagai contoh, bagaimana jika ada orang yang tidak kuliah tetapi mampu melakukan apa yang kita lakukan sebagai "penyandang gelar"? Apakah orang tersebut bisa kita sebut engineer, arsitek, insinyur, guru, dan sebagainya?

Menurutku sukses tidak melulu muncul dari apa ijazahnya, itulah kenapa sebenarnya kita tidak membutuhkan selembar ijazah untuk membuktikan bahwa kita berpendidikan. Ada beberapa jalur karier tertentu yang menurutku tidak terlalu mementingkan ijazah, namun memang benar beberapa karier lain wajib memilikinya seperti misalnya Dokter. Tentu anda tidak akan mau di operasi oleh dokter yang tidak punya ijazah bukan?

Lalu bagaimana dengan pertanyaan seperti judul dari tulisan ini?
Apakah benar ijazah hanya selembar kertas? jawabannya adalah IYA saat kita berfikir bahwa lulus kuliah adalah akhir. Kita mungkin akan mendapatkan jawaban TIDAK jika kita berfikir bahwa lulus kuliah adalah awal dari perjalanan kita. Saat lulus kuliah ijazah kita hanyalah selembar kertas, kita semua sama. Supaya ijazah itu tidak hanya menjadi selembar kertas maka kita perlu membuktikannya dengan melakukan sesuatu yang berguna setelah kita lulus kuliah.

Sumber: google.com


Tidak peduli sebanyak apa uang yang anda atau orangtua anda keluarkan,
Tidak peduli seberapa menderita anda menjalani perkuliahan,
Tidak peduli selama apa waktu yang anda korbankan,
Tidak peduli sebanyak apa hal-hal yang anda korbankan hingga anda lulus,
Ijazah anda hanyalah selembar kertas...
Saat orang lain tanpa selembar kertas melakukan lebih baik dari kita, dan kita masih berfikir kitalah orang yang lebih pantas, maka disitu ijazah kita benar-benar hanya selembar kertas!

Berikut adalah sebuah kalimat penutup untuk kita semua, semoga tulisan ini bisa menginspirasi banyak pada diri kita.

"Bukan nama anda yang menentukan anda keren atau tidak, tetapi andalah yang menjadikan nama anda keren. Bukan selembar kertas yang membuat anda berharga, tetapi andalah yang menjadikan selembar kertas berharga"







Comments