2 Investasi Tanpa Modal Uang Tetapi Hasilnya Tidak Terhingga !!

Haloo sobat goblog,

Duh tulisan ini sudah dimulai kira-kira dua bulan yang lalu dan statusnya masih draft terus. Karena aktifitas pekerjaan sudah mulai aktif jadi ini kesempatan untuk menyelesaikan hehehe... Semoga ide nulisnya masih nempel ya...

Kali ini kita akan bahas tentang investasi, bukan bermaksud blagu, menggurui, atau apalah ya, jadi meskipun dasar pendidikanku teknik tetapi ada kok minat belajar ekonomi juga hehehe.... Dan yang jelas investasi yang akan kita bahas ini tidak butuh belajar ilmu ekonomi dalem-dalem, ini untuk semua kalangan dan bahkan semua umur dengan syarat sudah bisa baca pastinya Hag hag hag hag hag... :)

Kita lihat dari definisi investasi dulu nih ya,
Ada banyak definisi tentang investasi, tetapi pada dasarnya semua mengacu pada maksud yang sama. Investasi adalah bentuk penanaman modal pada suatu sumber daya dalam jangka waktu (biasanya) lama dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Widiw formal banget yah definisinya Hehehehe....

Courtesy of google

Kebanyakan dari kita berfikir bahwa investasi selalu berhubungan dengan uang hadehh...tentu saja itu tidak benar. Setidaknya tidak secara langsung berhubungan dengan uang dan materi. Jadi investasi itu ada banyak sekali macamnya, nah berikut ini adalah investasi-investasi yang bisa kita lakukan sejak dini tanpa butuh uang sepeserpun alias tanpa modal. Cekidutt....

1) Pola hidup sehat
Courtesy of google
Menerapkan pola hidup sehat adalah investasi jangka panjang yang nilainya sangat mahal. Aset yang paling berharga di dunia ini adalah tubuh/badan kita. Kita butuh sehat untuk melakukan kegiatan kita entah itu sekolah, bekerja, bahkan untuk berfikir saja kita butuh sehat hehehe... 

Rata-rata umur manusia semakin hari semakin menurun, sebagian besar pendapat menyatakan penyebabnya adalah pola hidup yang tidak sehat. Keuntungan jangka panjangnya adalah jika sehat lebih lama maka usia produktif kita lebih panjang.

Lebih pilih mana menjadi pemain sepakbola hebat seperti Cristiano Ronaldo dan Leonel Messi dalam waktu 10 tahun atau 20 tahun? Untuk bertahan lebih lama pada puncak karir kita, kita butuh sehat. Keuntungan jangka panjang lain adalah resiko penyakitan yang lebih kecil. Kita semua tahu biaya pengobatan sangat mahal, artinya sehat itu sangat mahal hehehe...

Sekarang sudah sadarkah sobat-sobat kalau pola hidup sehat adalah investasi besar yang wajib menjadi daftar investasi wajib kita???

2) Bersikap jujur

Ini adalah hal sepele tapi sangat sulit dilakukan. Bersikap jujur adalah investasi paling berharga untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Jika semua orang percaya pada anda, percaya dengan apapun yang anda katakan, percaya dengan apapun yang anda lakukan, maka saya pastikan anda adalah orang paling bahagia di dunia ini. Itu yang biasa di sebut kepercayaan, nilai kepercayaan ini tidak dengan mudah didapatkan dan ini merupakan sebuah investasi jangka panjang.

Courtesy of google


Bersikap jujur bisa kita bangun sejak usia dini, setidaknya jika kita sudah mulai menerapkannya pada usia sekolah maka pada saat kita pada usia produktif kita sudah bisa merasakan hasilnya.
Saya berikan ilustrasi sederhana,
Kita bersikap jujur pada semua teman sekolah kita, kita tidak pernah membohongi mereka. 10-20 tahun kemudian generasi kita yang akan mendominasi dunia, ada yang jadi dokter, pengacara, pengusaha, menteri, dan bahkan presiden. Saat orang-orang yang 100% percaya pada kita ini menguasai dunia maka saat itulah investasi ini berguna untuk kita.
- Jika anda membuka layanan jasa, maka orang-orang tadi adalah marketing gratis kita, mereka akan bercerita tentang kita.
- Jika kita menjadi pemimpin maka orang-orang tadi akan menjadi pengikut loyal dan tim sukses gratis untuk kita.
- Jika kita butuh modal besar untuk rencana bisnis kita, maka orang-orang tadi akan menjadi investor utama kita.

Sekarang kita bisa bayangkan bagaimana sulitnya meyakinkan investor, bagaimana sulitnya menyakinkan pelanggan, bagaimana sulitnya menyampaikan ide-ide kita. Itu semua terjadi karena mereka belum percaya pada kita, sehingga kepercayaan ini begitu penting. Kepercayaan tidak bisa dibangun dalam waktu singkat, kepercayaan ini tumbuh sangat lambat. Itulah kenapa kita perlu memulainya sejak awal.

Orang yang bisa bersikap jujur sangat dicari. Bahkan negara kita saat ini sedang krisis wakil rakyat jujur, hehehe....

Mari meningkatkan pola hidup sehat dan berperilaku jujur!!



Comments