Tantra Gratis, Privat Server Tantra paling BEDA!! di Indonesia

Tantra Online, game ini memang cukup ngangenin. Datang ke Indonesia tahun 2004 dan menarik minat banyak gamer RPG saat itu. Meskipun cerita indah bersama Tantra Online Indonesia (TOI) sudah berakhir tetapi peminat game ini masih tinggi.

Ada banyak sekali server tantra privat saat ini, beberapa mempunyai konsep yang sangat bagus dengan bukti bisa bertahan dalam jangka waktu lama dengan jumlah player yang besar. Lihat saja tantra-online.com server tantra privat philipina, punya konsep yang bagus dan sangat ramai. Sayangnya, kebanyakan server-server yang bagus ini adalah produk luar negeri.



Nah bagaimana dengan privat server anak bangsa?
Beberapa sempat sukses cukup lama seperti djdion, tantra gemar, dan trimurti tetapi akhirnya kandas juga. Ada kesamaan diantara server-server yang terbilang cukup sukses ini yaitu komunitas. Komunitas memegang peranan penting bertahannya suatu server.

Katanya komunitasnya bagus kok masih pada kandas juga?
Ada beberapa hal pendukung yang seperti modal, managemen, dan konsep (visi misi) game. Beberapa hal tersebut tidak bisa dengan mudah dipahami, kenapa sebuah server ramai dan sepi. Seperti misalnya seperti berikut:
  1. Modal besar tidak menjamin suatu server sukses. Modal besar dan promosi besar-besaran bukan jaminan suatu server bisa meraih kesuksesan. Tanpa komunitas yang bagus server privat seperti tanpa nafas. Tentu saja mustahil untuk membuat sebuah server tanpa modal. Modal tetap diperlukan. Banyaknya privat server ini memecah belah komunitas tantra di Indonesia.
  2. Managemen. Sebagian server yang sempat sukses di Indonesia memiliki managemen yang buruk. Para pengelola server tidak profesional dalam bekerja, masih dipengaruhi hal-hal buruk seperti kolusi dan nepotisme karena hubungan pertemanan dengan player. 
  3. Konsep game. Hampir sebagian besar mengusung konsep WAR Server, kenapa demikian? Karena konsep ini lebih cepat menghasilkan uang bagi si pemilik server. Player war server rata-rata adalah player instan yang penginnya cepat. Mereka akan membeli apa saja yang dijual di Item Mall (IM) agar karakter mereka menjadi jagoan. Di Indonesia ada beberapa server yang sempat mengusung konsep RPG tetapi gagal di tengah jalan. Beberapa server privat luar negeri sukses mengusung konsep RPG ambil saja contoh Tantra Surya dan Tantra Online Ph.
  4. Keamanan. Hampir semua server privat di Indonesia sangat mudah di cheat. Sobat goblog bisa coba dengan menggunakan Sora Engine dan mengikuti beberapa langkah yang pernah ditulis di blog ini di cara cheat fast cast tantra online. Belum ada server yang tidak tembus Sora Engine di Indonesia. Banyak bugs yang tidak diantisipasi seperti bugs duplikat item.
Kenapa konsep server RPG kurang diminati?
Ini hanya masalah pola pikir (mindset), kebanyakan player Indonesia tidak memahami perbedaan antara nominal dan nilai.
Sebagai analogi, sobat goblog pilih $100 atau Rp 500.000? Sayangnya kebanyakan player Indonesia memilih Rp 500.000. Mereka lebih menyukai angka-angka besar meskipun tak bernilai. Ini yang saya maksud perbedaan nominal dan nilai. $100 bernilai lebih dari Rp 1.200.000 sedangkan Rp 500.000 hanya bernilai tidak lebih dari $42.
Player Indonesia fokus pada level mentok, mereka beranggapan level mentok itu adalah nilai tertinggi, padahal tidak. Kalau sobat goblog level mentok, tetapi semua player di server itu juga levelnya mentok sobat goblog tidak mempunyai nilai lebih. Artinya nilai anda tidak tertinggi.
Ini hanya masalah kurs jual, anda dan musuh anda sama-sama mentok level atau anda dan musuh anda sama-sama level cupu itu sama. Jangan mau dibodohi dengan nominal. Jadi sebenarnya jika anda penggemar RPG konsep RPG merupakan konsep yang paling tepat untuk tantra online.

Apakah ada alternatif server yang baik?
Ada server yang sedang berkembang saat ini yaitu Tantra Gratis. Sebelum sobat goblog kepo baca dulu cerita saya ini.
Berawal dari sebuah server tantra resmi (bukan privat) terakhir yang bertahan yaitu Tantra Nexogame. Banyak dari player Indonesia aktif disana saat itu (sekitar tahun 2011) termasuk saya. Kami yang aktif disana membangun guild bernama Garuda Indonesia. Singkat cerita banyak dari kami yang berpindah ke privat server lokal karena beberapa alasan seperti bahasa dan kesulitan transaksi antar player karena berbagai keterbatasan. Akhirnya saya juga ikut pulang ke server lokal. Untuk berbagai alasan akhirnya Grup Resmi Garuda Indonesia dari nexogame kami alihfungsikan menjadi grup umum yang lebih membahas diskusi tantra secara umum dan me-review server-server privat yang bermunculan. Sejak saat itu banyak teman-teman player tantra bergabung.

Seiring berjalannya waktu, grup tersebut berusaha membangun sebuah server sendiri. Pembangunan server tersebut dimulai dua orang yaitu Carrry Chandra dan saya sendiri Eko Arianto. Awal kami mengembangkan server adalah dengan alasan keprihatinan terhadap server-server yang ada. Kami ingin memberikan tempat untuk anggota grup Forum Tantra Garuda Indonesia (FTGI) untuk bermain. Kemudian secara kebetulan kami mendapatkan bantuan pinjaman server yang kemudian digunakan sebagai Alpha Test Tantra Gratis.

Tantra Gratis sudah dikembangkan sejak lama, tetapi di bangun ulang pada Juni 2016 dengan lebih serius menggunakan server pinjaman. Dahulu nama awalnya adalah Tantra Garuda karena sebenarnya hanya untuk tempat iseng anggota-anggota FTGI. Kemudian secara tidak sengaja kita pake nama TantraGratis pada tahun 2016 untuk versi Alpha test.

Tantra Gratis tidak langsung ramai tetapi memulai dari player dibawah 10 orang dan terus berkembang hingga tanggal 13 November 2016 TantraGratis akhirnya Open Beta!

Kenapa harus memilih Tantra Gratis?
Tantra Gratis menggunakan hackshield yang mumpuni. Tantra Gratis awalnya menggunakan hackshield/gameguard 2 side yaitu client dan server yang mirip seperti yang digunakan di Tantra Vermillion. Banyak keluhan dari teman-teman player bahwa hackshield yang digunakan terlalu berat, sehingga Tantra Gratis menurunkan kekuatan hackshieldnya. Saat ini Tantra Gratis menggunakan hackshield yang lebih ringan. Tantra Gratis terus mengembangkan hackshieldnya. 

Tantra Gratis di bangun untuk komunitas. Tantra Gratis dibangun dengan visi untuk mengumpulkan semua player tantra di Indonesia di satu server. Tujuannya sangat jelas. Semua donasi digunakan sepenuhnya untuk pengembangan server dan komunitas. Bahkan Tantra Gratis tidak segan-segan untuk memberikan hadiah event berupa barang nyata seperti Kaos, mouse, keyboard, dan item menarik lainnya.

Tantra Gratis adalah satu-satunya server tantra yang mengusung konsep RPG di Indonesia. Tantra Gratis menganut kurs jual tinggi, sehingga jika player baru akan merasa semua serba sulit. Pengelola sangat paham dengan ekonomi, jadi semua settingan dibuat dan direkayasa agar terjadi perputaran ekonomi antar playernya.

Bagaimana kondisi Tantra Gratis saat ini?
Saat ini Tantra Gratis berjalan lancar dengan menggunakan server pinjaman dari donatur. Player aktif yang sekarang bermain di Tantra Gratis sekitar 100 player aktif. Semua server ramai di luar negeri dimulai dari sepi dulu, begitu juga dengan Tantra Gratis. Maka ayo segera bergabung dengan teman-teman tantra yang lain.

Saat ini Tantra Gratis bisa diakses melalui websitenya di www.tantragratis.com.
Domain ini dibeli menggunakan uang donasi dari komunitas. Domain baru sudah aktif tdan sudah digunakan.

Mayoritas player yang bermain di Tantra Gratis adalah player generasi pertama. Jadi sekarang sudah tergolong tua-tua. Jadi bagi sobat goblog yang ingin bernostalgia ayo silahkan dicoba untuk bergabung dan ikuti terus perkembangan server ini.

Berikut adalah informasi tambahan Tantra Gratis:
Website tantra gratis
Grup Facebook
Fanpage Facebook LIKE yaa

Bagi sobat goblog yang sudah bermain di Tantra Gratis tidak ada salahnya untuk share dan selalu menyebarkan berita positif tentang server ini supaya keberadaan server ini bisa lebih diketahui oleh semua player Tantra di Indonesia.

Salam tantra!








Comments

  1. ntap bang, semoga bisa bertahan terus seperti server tetangga. dan tidak bernasib sama seperti server lokal yg udah udah

    ReplyDelete
  2. Keren Bro.... terus berjuang.... uang bukan segala-galanya .. tapi semua butuh uang... namun cara mendapatkan dan menggunakanya yg bernilai lebih...

    ReplyDelete
  3. hehhehhe ... jd teringat char naka bisa demol di TOI dan solo di kipas
    ign: menangis_semalam

    ReplyDelete
  4. gan bikin server seprti tantra ELITE server spanyol yg dulu dunk?? system leveling NORMAL, nyari rupee normal, nah yg bikin seru nya WAR ALL MAP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Tantra Gratis Indonesia semua normal kok gan, kecuali Exp sedikit lebih mudah.
      Ayoo gan ikut meramaikan, untuk pelepas lelah setelah beraktifitas seharian. Online di Tantra Gratis bareng teman-teman player semua generasi :)

      Delete
  5. Gan mau tanya yng didownload apa aja ya, saya masih binggung maklum udah lama gak pernah main, eeeh ternyata cari" ada yang buat untuk kita pakai sendiri (server indo)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wogghhh..maaf gan andre baru cek komentar.
      Langsung saja ke website resmi Tantra Gratis di www.tantragratis.com
      download fullclient dan install/extract. Lalu download juga manual update atau manualpatch lalu exctract di folder instalasi tantra gratis agan.

      Selamat bergabung, ajak teman-teman lain juga ya biar rame..

      Delete

Post a Comment