Bahaya bugs Ziva Pustika dan HQ.Ziva Pustika di Tantra Online

Haloo sobat GoBlog,....
Kali ini saya hanya akan sharing tentang bugs Jiba atau Ziva pustika di Tantra Online. Kebetulan karena GM Xonote masih menjadi pengelola di Tantra Gratis dan punya sedikit masalah dengan item yang namanya Jiba Pustika atau Ziva Pustika dan HQ. Ziva Pustika, jadi sepertinya bagus untuk di share sekedar untuk menambah wawasan tentang Tantra Online saja.

Tantra adalah game jadul alias sudah tua sekali, saya masih ingat muncul di Indonesia pada tahun 2004 silam. Kalau sekarang tahun 2017 ya kira-kira di Indonesia Tantra sudah berumur sekitar 13 tahun. Meskipun sudah 13 tahun namun pecinta Tantra tidak pudar dan bahkan komunitasnya masih sangat bagus di Indonesia. Sayangnya karena sudah tua, jadi sudah banyak yang tahu tentang "jeroan" game ini, alhasil ya yang namanya bugs sudah banyak terbongkar dan menjadi rahasia umum. Salah satunya yang masih jarang yang tahu adalah bugs Ziva Pustika.


  
Gambar Ziva Pustika dan HQ. Ziva Pustika

Ziva Pustika adalah item penting di Tantra, ibarat kalau di dunia nyata item ini adalah transportasi umum. Sayangnya memang sistem file di tantra banyak yang tidak sempurna dan lemah, salah satunya adalah pada masalah perpindahan map. Jadi saat karakter loading pindah map, sebenarnya kita masih bisa melakukan aktivitas meskipun layar kita sudah menampilkan loading-screen. Sehingga saat Ziva Pustika digunakan berbarengan dengan beberapa "komponen" lain di tantra, akan menyebabkan efek yang berbeda atau tidak normal. Ini sebenarnya adalah murni kesalahan dari aplikasi gamenya. Kondisi-kondisi ini beberapa bisa menguntungkan player yang mengerti memanfaatkannya.

Beberapa contoh bugs Ziva Pustika dan HQ. Ziva Pustika yang bisa menguntungkan player:
  1. Penggunaan Ziba Pustika untuk duplikat item.
    Bugs ini sudah banyak yang tahu dan juga saat ini sudah bisa diatasi dengan setting item tidak bisa di drop (dijatuhkan). Jika ada server yang item-nya bisa dijatuhkan dari invent dan dia menjual Ziva Pustika, bisa dipastikan akan terancam ada duplikat item atau penggandaan item.

    Ini juga dulu yang sering saya lakukan saat bermain Tantra saat bugs ini belum populer. Itu kenapa karakter saya tidak pernah miskin meskipun hanya online 1-3 jam per hari.

    Kunci cara kerjanya adalah bahwa Ziva Pustika jika digunakan untuk portal ke satu kota, tetap akan melalui loading-screen. Misal kita di Mandara dan kita gunakan Ziva Pustika ke Mandara, maka akan muncul loading-screen saat pindah. Saat loading-screen ini karakter kita ada pada posisi status quo yaitu off tetapi kita masih bisa melakukan aktivitas sesaat sebelumnya.

    Di Tantra karakter tidak bisa diedit saat online, itu kenapa di semua server saat anda meminta skip quest atau bantuan GM lainnya anda diminta logout. Saat pindah map, ada status quo sesaat, yaitu karakter anda off sesaat tetapi anda tetap bisa melakukan aktivitas saat loading-screen muncul. Kesalahan terbesar Tantra adalah ada jeda waktu penyimpanan data saat hal itu terjadi (ada penjelasan teknis tetapi akan panjang jika saya ceritakan,berhubungan dengan paket data dan metode penyimpanan data).

    Contoh penggunaan:
    Kita buka dulu Ziva pustika ke sesama kota (contoh: dari mandara ke mandara), kemudian kita jatuhkan item yang akan di duplikat. Akan ada komfirmasi persetujuan menjatuhkan item setuju/tidak itu jangan di OK. Kita klik Ziba Pustika dulu pada pilihan Mandara, saat loading-screen muncul langsung klik OK pada komfirmasi menjatuhkan item. Hasilnya adalah item anda tetap jatuh  dan item yang di invent tidak hilang, sehingga item anda menjadi dua.
  2. Penggunaan Ziva Pustika dan HQ. Ziva Pustika (QZP) untuk portal.
    Untuk bugs ini kunci cara kerjanya adalah pada "Map Generation Area" (MGA). MGA ini adalah file yang ada pada setiap map (Zone) yang berada di server yang fungsinya adalah tempat spawn (kemunculan). Jadi setiap map pasti punya tempat spawn yang diatur pada file yang bernama GenerationArea.idx. Setiap map mempunyai MGA berbeda-beda, ini yang menjadi kunci dari bugs Ziva Pustika dan HQ. Ziva pustika. Seharusnya Ziva Pustika menuju pada koordinat Nun masing-masing map, itu kenapa tujuan Ziva Pustika hanya ke kota yang ada Nun-nya. Sedangkan HQ.Ziva Pustika seharusnya menuju pada koordinat portal yang dituju, tetapi sistem kerja Tantra, jika ada yang nyasar koordinatnya atau diluar koordinat yang diperbolehkan, maka karakter akan dikirim ke koordinat GenerationArea.

    Nah, menggunakannya adalah dengan menggunakan portal dan Ziva Pustika atau HQ. Ziva Pustika secara bersamaan. Buka Ziva Pustika terlebih dahulu kemudian klik portal, maka kita akan punya 2 form komfirmasi, yang satu adalah form Ziba Pustika yang satu adalah form portal. Secara normal jika kita teleport melalui portal kita akan menuju ke KOORDINAT portal lain yang sudah di setting server. Tetapi saat kita gunakan bersamaan dengan Ziva Pustika maka koordinat portal tujuan akan terganti dengan portal yang kita klik pada Ziva Pustika.

    Contoh:
    Kita mau masuk mudha dungeon, secara normal jika kita portal akan masuk ke room 1 tempat NPC Darksa. Jika kita gabungkan dengan Ziva Pustika, kita klik portal saat loading langsung kita klik Ziva Pustika maka kita tidak akan spawn di room1 melainkan di koordinat portal yang kita klik pada Ziva Pustika.
    Misal HQ Ziva Pustika kita klik "Pamir Area" maka kita akan muncul di koordinat yang sama dengan koordinat portal pamir di Mudha Dungeon yaitu room Jigunchana. Dan pilihan portal-portal lain di Ziva Pustika dan HQ Ziva Pustika punya variasi koordinat yang bisa kita coba satu-satu maka munculnya akan beda-beda juga.

    Masalahnya, ini bisa digunakan disemua map selama kita bisa menggunakan Ziva Pustika dan portal secara bersamaan.

  3. Unlimited Usable Item.
    Bugs yang satu ini belum populer bahkan sampai saat ini. Sudah ada player yang tahu dan pasti akan berusaha merahasiakannya. Bugs ini masih berhubungan dengan Pustika, Ziva Pustika, dan HQ.Ziva Pustika (semua item teleport).
    Unlimited Usable Item adalah istilah saya, yaitu bisa menggunakan item-item usable tanpa berkurang, seperti misalnya Prana Orb/Prana Booster. Sebenarnya ini bisa digunakan untuk semua item yang bisa ditumpuk (lebih dari satu dalam satu slot).

    Itu kenapa kalau sobat ketemu saya di server-server tantra saya selalu minta Prana Booster setidaknya 2 menit saja. Karena saya tidak perlu beli dan tetap bisa menggunakan PO. Ini adalah cara yang tidak baik bermain hemat di server RPG.

    Sayangnya saya tidak akan sharing bugs ini, setidaknya saat ini. Karena selain belum populer bugs ini juga sangat berbahaya.

Itu tadi adalah beberapa contoh bugs yang berhubungan dengan Ziva Pustika dan HQ. Ziva Pustika yang saya tahu. Mungkin saja masih ada bugs lain terkait item tersebut yang saya belum tahu, sehingga untuk semua pengelola server tantra sebaiknya cukup hati-hati dengan item-item tersebut.


MASALAH di Tantra Gratis

Untuk masalah pergantian sistem teleport di Tantra Gratis (TG) sebenarnya adalah karena untuk keamanan dan menjaga permainan tetap fairplay terkait bugs seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Kenapa hal ini saya tuliskan disini? karena banyak dari teman-teman Gratizzer yang protes dengan sistem portal baru yang diterapkan di TG dengan berbagai alasan.

Sebelum menjelaskan lebih jauh, saya akan meminta sobat GoBlog (terutama sobat yang bermain di TG) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut untuk bahan refleksi diri:

Apakah teman-teman setuju saya membiarkan hal ini terjadi di TG?
  1. Jika ada player yang bisa masuk ke ruang Jigunchana, Damunchana, Kramunchana dll tanpa harus susah payah membuat kunci, tanpa susah payah menunggu simbol berjam-jam lamanya???
  2. Jika ada player yang bisa masuk ke Kipas tanpa susah payah berjalan melewati berbagai rintangan di Emperors Qin Tomb???
  3. Jika ada player yang bisa masuk ke Durga Dungeon milik guild teman-teman tanpa harus menggunkan kunci yang hanya ada seminggu sekali???
  4. Jika ada player yang bisa langsung menuju koordinat-koordinat yang menguntungkan di Forge sehingga selalu menguasai Boss-boss monster disana tanpa susah payah jalan dan tersesat di Forge???
  5. Jika ada player yang bisa langsung masuk ruang Holeather seekor boss di map Naga Dungeon (belum rilis di TG dan akan rilis segera) Tanpa harus melewat setiap portal di Naga Dungeon???
Semua hal yang saya sebutkan tadi berasal dari Ziva Pustika dan HQ. Ziva Pustika. Kenapa harus ganti sistem portal? karena sebagian besar bugs tidak terdeteksi di server dan GM tidak akan mungkin bisa mengawasi semua player setiap detik. Saya tidak tidak bisa mengawasi 200 player setiap detik 100 player aktif dan 100 player yang online jarang-jarang. Sehingga dari masalah itu ada beberapa opsi atau pilihan:
  1. Memperbaiki bugs.
    Saya belum mampu memperbaiki bugs ini, begitu juga semua server tantra lain saat ini belum bisa memperbaiki bugs ini. Terbukti dari hasil saya jalan-jalan di semua server masih bisa digunakan.
  2. Mengajari semua player supaya bisa melakukan bugs Ziva Pustika.
    Ini adalah agar semua player bisa nge-bugs sehingga adil
  3. Menghilangkan Ziva Pustika dan HQ. Ziva Pustika dari dunia TG.
    Selama Ziva dan HQ Ziba ada pilihan portal lebih dari satu maka masih ada peluang untuk melakukan bug.
Saya tahu, apapun pilihannya tidak pernah bisa memuasan semua orang. Tetapi dari analisa teknis sesuai kemampuan saya pilihan nomor 3 adalah pilihan yang paling bagus. Itu kenapa saya memuruskan untuk mengganti sistem teleportasi dengan yang sekarang ada di TG. Apakah ini solusi yang terbaik? IYA! Apakah ini solusi yang sempurna? TIDAK! Karena ada beberapa kerugian.
  1. Dengan menerapkan Pustika untuk setiap kota, akan menambah penggunaan slot inventory player.
  2. Kita harus kembali ke cara kovensional ke sebagian portal karena Pustika hanya tersedia untuk kota/tempat besar saja.
  3. Solusi dengan sistem portal baru saat ini belum menjadi solusi sempurna. Dan saya sedang terus mempelajari dan akan terus update sistem ini sampai dengan titik terbaik yang saya bisa.
Kenapa WAR server tidak mempermasalahkan ini?
Karena mereka tidak exploitasi gameplay tantra yang asli. Di WAR server tidak akan ada crafting yang aneh-aneh seperti aslinya tantra. Sehingga mereka tidak akan terganggu dengan player lompat karena fungsi boss-boss monster di WAR server tidak dimaksimalkan.

Kenapa di Tantra Gratis isu ini jadi penting?
Karena kita mengusung konsep RPG yang menggunakan dan mengembangkan fitur-fitur asli tantra. Ada banyak quest yang melibatkan boss di Mudha misalnya. Kalau bugs ini terjadi di TG maka akan muncul permainan yang tidak fairplay seperti yang sudah dijelaskan di awal tulisan ini.

Apakah sistem baru harga portal tidak terlalu mahal?
Mari kita lihat bersama:
  • Pustika Mandara dan Anu village seharga 5.000 rupee.
    harga ini sangat jauh dibawah standar. Harga normal Ziva Pustika biasa (bukan HQ atau QZP) adalah 20.000 rupee. Harga yang sekarang diterapkan adalah sangat ramah untuk player baru dan sangat tidak berharga untuk player lama. Kecuali sobat mau di anggap miskin padahal sudah mampu. Itu seperti kasus di Indonesia, semua orang maunya di subsidi meskipun sebagian besar sudah tidak layak menerima subsidi. Sehingga siapapun presidennya akan stress memikirkan hal tersebut hehehe...
  • Pustika Jina 10.000 rupee dan Exile 20.000 rupee.
    Jina masih tergolong murah, jika player sudah sering akses Jina artinya quest yang sudah dijalankan sudah lumayan banyak yang berarti rupeenya cukup memadai. Exile 20k menggunakan harga normal Ziva Pustika.
  • Pustika Tomb dan Biryu 70.000 rupee.
    Dari sejak saya belum lulus SMA sampai saat ini harga portal masuk ke Tomb adalah 50k. Kita harus berjalan melalui Pamir Area untuk mencapai portal tersebut. Jika harga pustika ditambahkan 20k untuk mereka yang malas berjalan apakah tidak logis?
    Biryu juga sama, dari seingat saya bermain tantra portal ke biryu di coloseum (portal di Boa) adalah 50k. Penambahan 20k adalah untuk ganti uang jalan.
  • Pustika Naga Village 200.000 rupee
    Siapapun player yang sudah mondar mandir ke Naga Village adalah player yang sudah cukup dari finansial. Kita butuh penyeimbang menyesuaikan kondisi kita di TG, agar perekonian tetap stabil. Jika kita makan terus tetapi tidak pernah beol apakah sehat? TIDAK!
    Jadi GM harus merancang kebutuhan-kebutuhan baru player agar seimbang,supaya tidak ada penumpukan atau akumulasi kekayaan. Itu kenapa di TG dari awal sampai sekarang harga Rupee tidak pernah turun.
Itulah penjelasan dan sharing saya terkait bugs Ziva dan HQ Ziva. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk seluruh penggemar Tantra, baik player maupun pengelola server. Saya yakin masih banyak server tantra aktif saat ini. Sehingga mungkin pengalaman di TG ini juga bisa menjadi tambahan wawasan untuk teman-teman pengelola server tantra selain TG di luar sana.

Untuk sobat player TG, tulisan ini adalah media terbaik saya untuk menjelaskan tentang perubahan sistem portal kepada sobat-sobat. Karena jika saya menanggapi sobat-sobat di grup akan susah menemukan titik temu, karena secara teknis sobat-sobat player akan susah memahaminya.Selain itu, saya juga tidak mungkin bisa membalas pesan dan pertanyaan Gratizzer satu-satu.

Semoga tulisan ini cukup menjawab rasa keingintahuan sobat-sobat semua.

Salam,

Comments

  1. Supppperrrr sekali, seumur2 maen tantra paling banter bugs omote, itupun dikasi tahu 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw doang brarti yg kagak pernah make bugs seumur2 wkwkw

      Delete

Post a Comment