Tantra Online Painted My Life

Sebelum mulai membaca, sebaiknya play dulu musik dibawah ini, agar sobat GoBlog lebih menghayati cerita ini. Musik ini adalah musik legendaris yang ada di Tantra Online, memutarnya adalah bentuk penghormatan pada game ini hehehe...:





Sumber: Google


Aku berasal dari daerah terpencil di salah satu bagian dari kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Aku lahir disana, di desa yang bernama Dawungan yaitu sebuah desa yang berada di area lembah pegunungan. Sebagai anak desa aku sangat familiar dengan "mbolang" seperti menggembala kambing, mandi di kali, dan mencari belut di sawah, itu semua mainan harianku. Aku tumbuh dan menghabiskan masa kecilku di desa itu sampai aku lulus SMP.

Sumber: Google


Tahun 2002 aku lulus SMP dan memberanikan diri untuk berlatih merantau dengan melanjutkan sekolah ke Solo. Aku di terima di SMK Mikael, sebuah SMK paling kece di Solo dengan SPP yang mahalnya selangit untuk ukuran ekonomi keluargaku saat itu. Di sekolah aku menjadi murid paling gaptek di kelas. Bermodal menjadi salah satu lulusan terbaik dari SMP ku ternyata tidak berguna di Solo, karena kualitas pendidikan SMP nya jauh sekali. Aku terlihat paling "goblok"  di kelas terutama di mata pelajaran komputer. Sejak saat itu aku menjadi termotivasi untuk mengenal komputer lebih baik.

Setiap hari aku rajin mengunjungi jasa rental pengetikan di dekat kost-ku. Sebenarnya bukan karena ingin mengetik tujuanku ke rental tersebut, tetapi untuk "utak-utik" komputernya hehehe... Setidaknya di rental pengetikan lebih murah dibanding warnet. Di lab komputer sekolah sebenarnya aku bisa akses tetapi tidak akan sebebas di rental, di rental aku bisa hajar keyboard sesukaku (kan bayar :p ). Saking seringnya aku ke rental pengetikan yang tempatnya aku tidak pernah pindah-pindah alias di satu tempat itu terus akhirnya aku akrab dengan pemilik rental tersebut. Akrab dengan pemilik rental membuatku sering nongkrong disitu dan kadang bantuin yang punya rental sampai akhirnya temenan dekat dan aku sudah tidak perlu bayar lagi jika memakai komputernya. Sampai akhirnya disitu aku mengenal game yang namanya Red Alert. Main Red Alert bareng menjadi kegiatan rutinku di kelas dua. Kita biasa main setelah jam 9 malam (rental tutup) langsung nongkrongnya di rental pengetikan dan main Red Alert bareng. Pemilik rental dan adiknya juga teman-temannya yang lain dan aku menjadi satu geng hehehe...

Red Alert


Seiring waktuku di Solo yang semakin bertambah, pengetahuanku tentang komputer juga meningkat. Saat itu aku sudah termasuk salah satu murid yang tahu dan mahir menggunakan komputer di sekolah, progres yang cukup cepat karena hanya butuh waktu setahun dan aku menggeser banyak murid tentang komputer. Akhirnya suatu waktu geng  Red Alert-ku mengajak untuk bermain di gamenet yaitu Yahoo Manahan, karena ada paket happy hour. Itulah awal mula aku mengenal game online, pada tahun 2003 di Yahoo Manahan Solo. Sejak saat itu kita sering nongkrong di gamenet Yahoo itu dengan paket happy hour jam 22.00 - 02.00 dini hari harganya aku sudah agak lupa, sepertinya Rp 7.500,-.

Awal-awal aku main di gamenet bareng mereka kita masih sering main offline dengan LAN yaitu CS (Counter Strike) dan kadang kita main Warcraft frozen throne. Tetapi banyak gamer lain yang sedang main disitu sedang bermain Ragnarok dan Xian online. Tepat setahun kemudian muncullah game online baru yang bernama Tantra Online yang dibawa oleh PlayOn ke Indonesia. Kita semua mencoba dunk main saat masa free to play selama beberapa bulan. Disitulah aku menemukan game yang begitu bagus dan I love it! hingga sekarang.

Sumber: Google


Akhirnya aku dan teman-teman bermain Tantra Online di server Manas. Kita terus main meskipun masa free to play sudah berakhir dan kita harus bayar perbulan kalau tidak salah 65.000 PlayPoint. Jaman Callisto pake kakuta dengan gagah hunting di monkghost dan jaman baijuri menguasai Kruma waktu itu, kita-kita masih cupu2. Bahkan kita hanya sekali multishoot di Kruma oleh NagaSengsara hehehe...ya maklum karena masih sekolah dan jam onlinenya terbatas.

Karena tidak mampu bersaing di Manas akhirnya kita pindah di server Samadi saat PlayOn membuka satu server lagi sebagai server test. Server dengan Exp lebih cepat, pokoknya serba lebih cepat dibanding Manas dan Diyana. "Mushyko" ya itu adalah nick drukaku di Samadi, di Samadilah kemampuan bertarungku di Tantra diasah. Aku satu tim dan membentuk guild bersama teman-teman di Jogja salah satunya adalah -djdion-. Kita bertarung melawan guild lain yang juga mendominasi Samadi yaitu gengnya Kimmi, Regno, Sharky dkk. Maaf jika banyak yang tidak aku sebut karena kalian terlalu banyak dan tidak mungkin aku mention satu-satu, tetapi percayalah kalian semua teman-teman dan musuh-musuhku di Samadi, kalian istimewa hehehe...

Tahun 2005 aku lulus SMK dan menjutkan kuliah di Jogja. Aku tidak online Tantra cukup lama karena sibuk menjemput masa kuliah (masa depan coyy..). Aku kuliah di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Setelah perkuliahan berjalan dan aku mulai mengenal area Jogja (maklum ortu ngontrak dl di Jogja) aku mulai mencari-cari gamenet di jogja sampai akhirnya menemukan gamenet bernama GENESIS di jalan Monjali. Masuk dan keliling di dalam gamenet (ada puluhan komputer) ternyata ada beberapa yang main Tantra tetapi sepertinya server Diyana. Cukup lega akhirnya aku membuka billing dan mulai mencari folder Tantra Online hehehe...

_____


Sejak aku pindah di Jogja kehidupan keluargaku membaik. Kami akhirnya membangun rumah di tanah yang sudah lama sekali di beli bapakku tetapi kami belum sanggup membangunnya hehehe...Jadi sepertinya tahun 2006 kami menempati rumah baru kami yang kecil di Jogja, tepatnya di daerah Jl. Palagan. Tahun 2006 itu juga aku mendapatkan sponsor dari bokap untuk menguji kecintaanku terhadap komputer. Bokap memberikan uang dulu sepertinya sekitar 7 juta untuk melihat kemampuanku merakut komputer saat itu. Uang itu sebenarnya untuk jatah pembelian sepeda motor untukku, karena di Jogja sangat langka angkutan umum beda dengan di Bandung. Karena aku memilih sepeda motor paling murah maka uang anggarannya sisa yang akhirnya diberikan untuk membangun komputer. Yups, bener akhirnya aku membuat PC dengan spec paling dewa pada tahun itu yaitu Core 2 duo! VGA 256MB/256 bit dan RAM 1GB. Jelas sekali itu adalah spec komputer untuk gaming hehehe...

Setelah punya PC di rumah dan dengan bermodal modem yang sinyalnya susahnya setengah idup, aku lebih sering main di rumah (sinyalnya 2G loh wahahaha...). Main tantra dengan delay 2-3 detik itu sudah hal biasa pada waktu itu. Jadi wajar kalau player harus menghemat uang saku kuliah agar bisa membeli resscroll.

_______


Saat dijogja aku tidak melanjutkan petualangan di Samadi karena tak lihat perkembangan samadi sudah sangat cepat dan teman-teman guild sudah pecah kemana-mana. Akhirnya aku memutuskan untuk kembali main di Manas dengan membuat char baru dengan nama ödhë tentu saja itu char archer karena memang aku adalah penggemar Ashura.

Waktu terus berjalan, Akhirnya suatu ketika aku menemukan gamenet bernama Roemi (Roemah Mirota). Ternyata di Roemi ada banyak sekali player tantra di ruang VIP nya. Aku ketemu dengan player-player senior manas yang pada berkumpul main disana diantaranya adalah BlueO_o, Mister_Krab, KyoMibu, Suti dkk. Disanalah aku mengasah kemampuan bertarung archer dengan para dewa archer di Jogja.

Hal yang sangat lumrah terjadi di Jogja adalah, saat player sudah lulus kuliah maka biasanya mereka akan pulang kampung. Pulang kampung juga bisa berarti pensiun, karena beberapa dari mereka tidak ada gamenet di daerahnya. Jangankan gamenet, HP mungkin belum ada disana hehehe... Aku, Mister_Krab, dan BlueO_o masih bertahan. Sampai terakhir ödhë berkasta Maharaja 3 di Vidha Manas. Sebelum akhirnya ada penggabungan server Manas Diyana menjadi server baru bernama Kriya.

Tidak hanya Roemi, hampir semua gamenet di Jogja sudah pernah aku samperin. Mulai dari yang paling dekat dengan rumah yaitu:

  1. Challenger di Jl. Palagan
  2. GENESIS di Jl. Monjali
  3. EMPIRE di Jl. Gejayan ( ini dulu awal2 buka mewah banget, yg jaga cantik2 lagi :p )
  4. Studio One di Jl. Gejayan (ini gamenet tempat nongkrongnya MH Red_Knight Ryan)
  5. AA Game House (tempat nongkrongnya BlueO_o yang player kedua, sohibku nih orang)
  6. Shelter di Demangan
  7. Brotherhood alamatnya lupa daerahnya jauh di daerah Baciro keknya.
  8. Puri di Babarsari
  9. Dan banyak lagi yang aku lupa namanya.

Dari semua gamenet itu hampir semuanya ada yang bermain tantra! Tantra adalah game idaman waktu itu, game dewasa, dan dianggap bukan game cupu nan alay yang menampilkan gambar unyu-unyu nan imoet hehehe...

Sesaat sebelum gabung server charku aku jual dan laku dengan harga Rp. 750.000,- dibeli salah satu player (sudah agak lupa). Setelah itu aku sempat tidak online cukup lama hingga suatu ketika aku ingin kembali bermain dan datang ke Roemi. Disana aku mulai iseng main lagi dengan membuat char baru, aku hanya main di Anaka Kruma saat itu dengan char baru bernama su†ra, nama yang dibuat ngasal karena memang awalnya hanya char iseng. su†ra harapannya adalah charnya ber-HP tipis tetapi sangat kuat dan anti bocor, sama seperti slogan iklan kondom sutra waktu itu yang lg gencar-gencarnya di TV. Tidak butuh waktu lama su†ra sudah menjadi momok di Anaka, bareng dengan player anaka legendaris bernama Z-A-T-O-I-C-H-I hehehe...

Karakterku di Kriya

Bosan di Anaka akhirnya aku tergoda untuk melanjutkan leveling. Aku ketemu banyak teman-teman baru terutama yang dulunya bermain di Diyana. Salah satunya teman dari diyana menjadi teman makro sehari-hari yaitu T_Guh, ya begitulah keseharian kita disela-sela waktu kuliah. Hingga suatu ketika ada char cupu bernama Onda yang sering kita bantu di game whisper bahwa dia akan ada tugas ke Jogja (dia orang jakarta) dan minta bantu dicarikan hotel yang dekat dengan tempat main Tantra kita. Singkat cerita orang itu akhirnya tidak nginep di hotel tetapi di gamenet bermain game bersama kita. Orang itu adalah Bang Iben dari Cijantung. Dari pertemuan itulah akhirnya kita menjadi akrab dan membuat guild DEBATA. Dari situlah kami mulai mendapatkan banyak tambahan rejeki dengan membantu leveling char-charnya bang Iben yang ternyata semua saudaranya bermain Tantra. Yah dari situlah sebagian uang kuliahku aku bayar. Bahkan saat libur semester aku dan mas teguh (nick: T_Guh) diminta main ke Cijantung untuk liburan dan mencoba gamenet baru disana. Mereka membuat gamenet tetapi anehnya tidak ada yang bayar, karena yang main semua keluarganya mulai dari kakak, adik, ponakan, istri, karyawan wahahahaha... Nama gamenet itu adalah Family Net. Aku kangen kalian Family Net :)

Pada saat itu jasa leveling dan makro begitu ramai, bahkan aku sampai menyewa 5 komputer di Roemi selama berbulan-bulan untuk makro karakter para pelangganku. Pada saat itu leveling level 90an itu susahnya setengah hidup. Karena itu, banyak player di Jakarta yang sudah bekerja tidak mampu leveling karena tidak ada waktu sehingga mereka menyewa jasa leveling. Untuk ukuran tantra tarif Jogja memang paling murah untuk jasa leveling, sebagai contoh waktu itu aku mematok harga 2-3 juta /level untuk level 90-99. Level 90-99 adalah level neraka dengan tingkat kesulitan level yang sangat tinggi. Satu level 90an biasanya kalau lancar akan naik dalam waktu 8-10 hari dengan kondisi makro di Butu (nama monster di Tantra) full-party (8 karakter) 24 jam nonstop. Jelas aku dibantu oleh asisten yang sangat keren dan setia sampai sekarang untuk membantu makroku itu yaitu BattleBot hehehe...

Gambar penampakan makro BB

Dari membantu leveling teman-teman player lain itulah aku mendapatkan banyak tambahan penghasilan. Aku mulai bisa membeli gitar idaman (sampai sekarang masih aku simpan di kamar), membeli knalpot idaman untuk motorku, membeli sepatu yang mahalan dikit, dan barang-barang lain yang menjadi incaran anak-anak muda waktu itu. Intinya selain untuk membiayai kuliah aku masih bisa membeli sesuatu untuk memberi hadiah pada diri sendiri dari Tantra Online. Itu kenapa aku sampai membuat tulisan ini khusus untuk Tantra Online, karena memang game ini sudah menjadi bagian dalam kisah hidupku. Tantra Online memberiku seribu cerita dari sejak aku SMA sampai aku lulus sarjana.

Waktu ternyata begitu cepat, akhir tahun 2009 semua matakuliah yang harus aku ambil sudah habis yang artinya aku harus segera menyusun skripsi. Sejak saat itu aku banyak mengurangi kegiatan di game, meskipun gamer kita tetap butuh pendidikan yang baik bukan? Kebetulan juga saat itu tantra sudah mulai aneh-aneh, sudah banyak cheat bermunculan dan sepertinya GM juga sudah tidak terlalu aktif lagi. Yang saya dengar memang lisensi tantra online Indonesia (TOI) memang sudah habis saat itu (2009). Akhirnya pada Februari 2010 aku dinyatakan lulus ujian kolokium dan dinyatakan boleh melanjutkan judul skripsi yang aku ajukan. Karena itu juga aku jadi semakin tidak aktif di tantra, ya kadang-kadang online kalau banyak teman yang ngajakin war sesekali (sangat jarang).

Setelah perjuangan yang panjang menyelesaikan skripsi, akhirnya aku dinyatakan lulus pada bulan Desember 2010 setelah berhasil menaklukkan 4 Dosen penguji. Hal yang sangat menggembirakan tentunya. Tetapi disisi lain, di bulan yang sama yaitu Desember 2010 Tantra PlayOn mengumumkan di website resmi mereka bahwa mereka mengakhiri layanan Tantra Online Indonesia!

Pengumuman penutupan layanan Tantra Online Indonesia


Tidak sengaja dan bukan kebetulan bahwa masa kuliahku berakhir bersamaan berakhirnya Tantra Online Indonesia. Sepertinya Tuhan memang mengirimkan Tantra Online Indonesia untuk membantu kuliahku (kata dalam hatiku). Yasudah saat itu aku harus mengakhiri petualanganku untuk sementara waktu di dunia digital. Saatnya aku membangun diri di dunia nyata!

______

Setelah lulus sarjana dan TOI sudah tutup, aku kembali non-aktif di dunia game. Saat itu aku bekerja sebagai Asisten Dosen di kampus tempatku kuliah. Lumayan dengan honor Rp. 10.000,-/jam dan tambahan uang transport 5.000,-. Setidaknya dengan bekerja sampingan aku bisa tetap ada motivasi bangun pagi hehehe...

Uang hasil bekerja sebagai Asisten Dosen aku gunakan untuk memperbaiki kemampuan bahasa inggrisku. Bermacam-macam pelatihan dan les bahasa inggris aku ikuti. Ada keinginan untuk pindah jalur, aku adalah lulusan S1 Teknik Elektro tetapi aku punya bidang minat yang banyak. Saat itu ada program sandwich di UGM jurusan Master Business and Administration, yaitu setengah di Jogja dan setengahnya di Australia. Aku tertarik dengan program tersebut dan sebenarnya sudah mendapatkan restu dari Ortu juga, bahasa inggris juga sudah cukup sepertinya. Jadi misi pertamaku adalah lolos di program tersebut.

Akhir tahun 2011 disaat aku sudah siap untuk mendaftar di program kuliah sandwich Jogja-Ausy tetapi tiba-tiba ada tawaran dari Kepala Prodi tempatku bekerja sebagai Asisten Dosen. Aku ditawari untuk menjadi calon dosen disana. Aku tidak langsung menjawab, dan aku minta waktu 3 hari untuk memikirkan hal tersebut, karena ini begitu tiba-tiba dan sedikit menabrak rencana yang sudah aku bangun.

Aku ceritakan semua ke orang tua dan seperti biasa, bokap selalu mendukung apapun hal positif yang aku lakukan. Dia hanya berpesan satu kata, yang sampai saat ini masih aku ingat dan tidak akan pernah aku lupakan (bokap sekarang sudah meninggal).
"Dadi dosen kowe ora bakal keluwen, tapi ojo ngarep sugih banget. Guru kuwi gawean akhirat, ojo golek duit seko kowe dadi guru" - Bapakku

Artinya kira-kira begini,
"Menjadi dosen kamu tidak akan kelaparan (cukup), tetapi jangan mengharap menjadi orang yang sangat kaya. Guru adalah pekerjaan akhirat (bekerja pada Tuhan), jadi jangan pernah mencari uang (read: keuntungan) dari pekerjaan itu"

Akhirnya 2 hari kemudian aku bertemu dengan Pak Kaprodi dan aku menanyakan satu hal. Apakah saya dapat beasiswa sekolah S2? dan Pak Kaprodi bilang, iya! kamu akan langsung di sekolahkan S2, tetapi kami yang memilih jurusannya sesuai yang kami butuhkan. Akhirnya aku setuju dan aku berangkat ke Bandung pada bulan Agustus 2012 untuk tugas studi di Biomedical Engineering atau Teknik Biomedika di ITB.

Selama di Bandung aku masih sempat bermain di Tantra K5 djdion, kalau ngga salah itulah server terakhir djdion. Singkat cerita setelah 840 hari berjuang di ITB akhirnya aku lulus bulan Desember 2014 dan pulang ke Jogja lalu mengajar di Politeknik Mekatronika Sanata Dharma yaitu salah satu anak dari Yayasan Sanata Dharma Yogyakarta.


_______


Setelah beberapa waktu, ternyata kangen juga dengan Tantra. Mulai menghubungi teman-teman lama dan searching hingga akhirnya aku menemukan Tantra Global (sampai sekarang aku ga tahu itu server resmi mana, sepertinya Venezuela). Namun tidak berapa lama Tantra Global juga menutup layanan sama seperti TOI alias tutup. Setelah itu sempat mencoba beberapa server privat seperti Tantra Fenix dan Extreme. Merasa tidak puas aku selalu berpindah dari satu server ke server yang lain hingga menemukan server tantra yang sangat ramai dan bagus yaitu Tantra Nexogame. Disanalah akhirnya aku berlabuh dan bermain cukup lama.

Berbarengan dengan saat aku main di Nexogame di Indonesia lagi gencar-gencarnya kangen-kangenan para playernya. Mungkin karena sudah setahun tidak bertemu di game sehingga kegiatan gathering adalah salah satu kegiatan yang sangat ditunggu saat itu. jadi pada tahun 2011 banyak sekali gathering tantra, yang pertama untuk area Jogja (tempat aku tinggal) adalah saat pernikahan Maharaja guild Red_Knight yaitu Ryan. Dia mengundang semua teman-teman tantra dan yang datang sangat banyak. Gathering tersebut menjadi pemicu terhadap gathering-gathering selanjutnya. Hingga akhirnya Dion membuat server privat pertama di Indonesia yaitu Tantra Djdion yang sangat ramai karena berbarengan dengan banyak gathering-gathering di area Jogja, Solo, Semarang, dan sekitarnya. Banyak cerita di server djdion dan tidak mungkin saya ceritakan secara detail karena mungkin tulisan ini bisa menjadi satu buku hehehe...

Ini adalah karakterku di server djdion yang paling awal (pertama)


Ini adalah karakterku di server terakhir djdion


Sambil bermain di djdion komunitas di Nexogame terus berkembang. Ada mungkin sekitar 20 player Indonesia yang aktif disana. Aku adalah orang Indonesia pertama yang bermain disana, aku juga menjadi reseller taney di Nexogame sehingga teman-teman player Indonesia bisa membeli dariku. Djdion sebenarnya adalah server yang bagus hanya saja menurutku ada kesalahan managemen di server tersebut. Server yang awalnya bagus menjadi sangat money oriented dan itu sangat kelihatan. Sepertinya server itu mendatangkan banyak keuntungan. Mungkin karena itu akhirnya umur server tidak bertahan lama dan akhirnya tutup, kemudian buka server baru dan tutup lagi, lalu buka lagi aku sampai lupa sampai berapa kali hehehe... Di Nexogame kami masih aman tentram, setidaknya untuk beberapa saat.

Setelah djdion kemudian banyak sekali server privat di Indonesia bermunculan, aku sampai tidak bisa menyebutkan semuanya saking banyaknya. Pada saat-saat itu banyak teman-teman kami di Nexogame yang pensiun dan pulang ke server lokal. Nexogame adalah server bagus dan resmi tetapi banyak kendala yang kita alami disana, seperti misalnya bahasa. Kita juga kesulitan kalau akan bertransaksi antar player karena perbedaan negara dan jauh. Transaksi yang jaraknya jauh ini juga tidak aman dan kita tidak bisa mempercayai setiap orang.

Ini adalah salah satu karakterku di Nexogame


Akhirnya aku ikut pulang ke server-server lokal, semua server aku pasti main meskipun kadang hanya sekedar mencoba. Sekedar menguji bugs atau melihat kondisi setiap server. Kita komunitas Indonesia yang sebelumnya bermain di Nexogame punya grup facebook dengan nama awal dulu adalah Tantra Nexogame Indonesia, kemudian karena kita satu guild disana dan guild kita namanya GarudaInd0nesia maka grup kita ganti menjadi Forum Tantra Garuda Indonesia. Setelah kita semua berhenti bermain di Nexogame grup tersebut tetap jalan dan menjadi tempat diskusi kita. Meskipun member grup bermain menyebar dan tidak disatu server namun diskusi tetap berjalan. Kita bisa membahas baik buruk setiap server, berbagi 3rd program seperti makro, bahkan bugs dan cheat. Hal itu berjalan cukup lama hingga tahun 2016.

Akhirnya pada tahun 2016 kita banyak yang bosan dengan server-server privat yang ada, terutama aku. Sehingga ada muncul ide diskusi tentang bagaimana kalau grup FTGI membuat server sendiri sekedar untuk memberikan tempat bagi anggota grup jika kangen dan ingin bermain. Setidaknya daripada bermain offline masih lebih baik jika ada tempat online. Akhirnya  kita mulai diskusi itu lebih serius dengan kemampuan yang seadanya. Kendala saat itu adalah pada komputer server dan game-shield. Karena kita semua tahu server tantra tanpa game-shield tidak akan bertahan. Akhirnya muncul salah satu member FTGI yang kebetulan dunianya dekat dengan website dan VPS (Virtual Private Server) dan juga dia sering membuat tantra offline. Namanya adalah Chandra, dan akhirnya berdua kita membuat server abal-abal dengan start sama-sama minim pengetahuan tentang server tantra. Saya kebetulan agak paham di tantra-param (sering edit bagian ini agar bermain lebih mudah) akhirnya membantu setting dikit-dikit. Kita mengajak teman-teman grup untuk mencoba dan alhasil kacau, ada banyak bugs, dan tanpa game-shield. Itu adalah server terlemah yang kita buat. Akhirnya kita menghentikan project tersebut sementara waktu, karena aku sibuk dengan pekerjaanku dan Chandra juga sepertinya sibuk dengan pekerjaannya juga.

Selang beberapa bulan Chandra bilang padaku akan mencoba membuat server lagi, kali ini dia meminta ijin ingin menggunakan nama Tantra Garuda yang sama dengan nama grup (kebetulan admind grup adalah aku). Aku mendukung langkah Chandra dalam membuka server tersebut, sayangnya aku tidak bisa main karena saat itu aku harus fokus pada pekerjaanku (pekerja baru). Sayangnya server kembali kandas dan kita berhenti untuk beberapa waktu. Saat itu sempat aku dan teman-teman grup bermain di server baru yaitu Tantra Surya.

Ini karakterku saat pertama kali online di Tantra Surya


Pada bulan Agustus atau September aku agak lupa akhirnya aku menghubungi Chandra lagi. Aku bilang aku mau buatin server untuk teman-teman grup, tapi kali ini aku minta aku yang di depan. Aku tanya pada Chandra apakah ada server bantuan yang nganggur dan bisa dipakai untuk trial. Akhirnya kita buat lagi server tantra dengan nama Tantra Uttaran, karena saat itu lg ramai sinetron india Uttaran. Harapannya server yang alay akan cepat dikenal hehehe...Nah akhirnya server itu berjalan seadanya. Aku berusaha keras untuk belajar banyak hal terutama tentang game-shield. Perlahan pun server mulai ramai karena teman-teman grup mulai bermunculan untuk ikutan mencoba dan bermain.

Pada bulan Oktober kita berniat untuk membuat website yang lebih serius dengan nama domain gratisan. Aku minta bantuan Chandra untuk urus bagian domain, dia bilang iya-iya aja. Saat itu saat pulang dari kerja sampai dirumah aku WA Chandra aku tanya nama domainnya. Ternyata Chandra membuat nama domainya asal-asalan yaitu tantragratis.tk (saat itu). Padahal aku minta namanya Tantra Uttaran hadehh....Karena kecelakaan itu, aku ga mau mengecewakan Chandra juga yang sudah susah payah membantu jadi aku pake saja. Dan kalau dipikir-pikir nama Tantra Gratis lumayan juga, mudah diingat, tidak biasa, dan cukup kece. Akhirnya mulai saat itu kita putuskan untuk mengganti nama menjadi Tantra Gratis.

Logo tantra gratis

Akhirnya pada tanggal 13 November 2016 Tantra Gratis resmi open beta. Jadi tanggal 13 November adalah hari ulang tahun Tantra Gratis yang sebentar lagi akan tiba di tahun ini 2017. Sejak saat itu kami terus mengembangkan Tantra Gratis sampai sekarang.

Tantra Online sudah memberikan banyak cerita untuk hidupku, kini saatnya aku membalas budi. Ini caraku untuk membalas budi yaitu dengan membantu mengelola server Tantra Gratis. Aku bersama teman-teman grup Forum Tantra Gratis Indonesia akan terus menjaga Tantra Gratis, agar game kesayangan kita ini terus ada dan tidak punah. Mungkin game ini sudah tua, begitu juga kita para playernya yang terus bertambah tua. Tetapi kalau bukan kita siapa lagi? kalau kita tidak memainkannya maka lama-lama Tantra hanya tinggal kenangan.

Sepertinya tulisanku sudah sangat panjang sobat-sobat semua. Ini hanyalah sebagian cerita yang tertulis tidak teratur dan seadanya. Pastinya ada banyak cerita yang terlewatkan yang belum tertulis di tulisan ini. Aku mohon maaf untuk itu...

Bagi sobat goblog yang belum pernah bermain tantra, ayo bergabung dan mencoba. Kita punya komunitas yang sangat baik yang siap membantu menceritakan setiap cerita di dalam game pada anda.

Bagi sobat yang sudah pernah bermain tantra, ayo kita nostalgia kembali. Mari kita mengisi waktu luang kita untuk online bersama. Saat kita capek seharian beraktifitas, ayo online dan nongkrong bareng di Tantra Gratis.

Cukup sekian sobat goblog semua,
Itulah tadi cerita singkat bagaimana game tantra online telah mewarnai hidupku.
Dunia yang dulu dianggap orang tidak pernah ada atau gaib, tetapi dunia game itu sangat nyata dan ada! Aku adalah salah satu pemeran di dunia itu.

Terimakasih Tantra! Terimakasih telah memberikan banyak cerita dan kenangan.
Terimakasih Tantra! Aku belajar banyak hal darimu. Aku mendapatkan banyak hal darimu.















Comments

  1. Luar biasa.....hehe ternyata ini toh latar belakang sang GM. Sangat seru baca ceritanya dan beberapa saya alami juga bagaimana tantra online itu telah mengisi cerita hidupku ketika jaman SMA sampai kuliah, dan hingga saat ini belum ada game online lain yg bisa menggantikannya.

    Bravo semangat nya om, semoga bisa tetap membuat game tantra tetap ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih gan, jangan lupa kalau kangen Tantra untuk merapat hehehe..

      Delete
  2. Sumpah ceritanya keren dan meng-inspirasi banget gan. Dan terima kasih buat agan udah membuatkan kita server tantra gratis ini, semoga semua kerja keras dan rasa cinta agan di bales oleh Allah SWT. Goodluck for agan & keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih agan Ryan,
      Kalau sedang kangen dengan Tantra jangan lupa untuk merapat ya.
      Nostalgia dengan bersama teman-teman yang lain :)

      Delete

Post a Comment